Bagikan Artikel

Taman rumah merupakan unsur penting penyokong oksigen dan lahan hijau. Tata letak taman tidak harus di halaman depan saja, dapat juga samping ataupun belakang rumah. Apabila memiliki luas lahan terbatas tidak perlu khawatir karena masih dapat membangun taman mini. Berikut ini 7 konsep taman mini ala jasa tukang taman di Sidoarjo yang paling recommended.

Keindahan taman seolah melengkapi nilai estetika hunian. Bayangkan saja hunian tanpa keberadaan taman pasti terkesan gersang dan kering. Tukang taman di Gresik dapat mengakali luas lahan sehingga Anda memperoleh konsep taman impian. Ada beberapa unsur yang dapat digunakan antara lain pot, kerikil kecil, dan furniture berbahan rotan. Yuk simak ulasan berikut ini

Baca juga : Tips Memilih Jasa Tukang Taman Gresik Profesional

7 Konsep Taman Mini Paling Hits

Membangun taman mini lebih fleksibel karena luas lahan yang dibutuhkan tidak lebar. Bahkan, dalam ruangan sempit sekalipun konsep taman berikut ini menjadi penyegar atmosfir. Konsep yang sangat cocok untuk taman belakang dan samping rumah.

1. Taman Indoor Samping Rumah

Taman Indoor Samping Rumah
(foto: casaindonesia.com)

Memiliki ruang kosong di samping rumah, coba disulap menjadi taman indoor yang atapnya semi tertutup. Tentu membuat sirkulasi udara dalam ruangan lebih menyegarkan. Tanam pohon sejenis bonsai maupun daun yang menjalar di dinding. Alhasil, tanpa penyejuk ruangan dalam rumah Anda akan terasa menyegarkan. Idealnya taman indoor pada bagian samping rumah ini memiliki luas 2 meter x 2 meter.

2. Taman Outdoor Samping Rumah

Taman Samping Rumah Outdoor
(foto: www.homease.nl)

Taman outdoor bagian samping rumah ini cocok apabila memiliki penghubung bagian depan dengan belakang rumah. Tidak hanya mempermudak akses tetapi membuat atmosfir lebih segar dan asri.

Meskipun luas ruangan ini terbatas buatlah jalur semen sebagai jalan penghubung dan bagian pinggiran ditanami rerumputan dan tanaman cantik. Apabila ingin mengupgrade pemandangan lagi maka pasangkan lampu kecil sepanjang jalur semen tersebut.

3. Taman Samping Dinding Bata Terekspos

Taman Minimalis Bata Ekspos
(foto: harapanrakyat.com)

Bagi masyarakat Indonesia memiliki bangunan dengan bahan dasar bata merupakan desain tradisional. Bata ini juga cocok untuk membangun taman pada bagian samping hunian yang terekspos. Tentunya desain taman ini membuat sikulasi udara keluar dan masuk taman dengan rumah lebih leluasa. Supaya terlihat menawan tanami beberapa jenis bunga cantik yang dapat menyegarkan udara.

4. Taman Kering Berbatu Kerikil

Taman Mini Berbatu Kerikil
(foto: dekoruma.com)

Batu kerikil dapat dianggap sebagai elemen penghias taman yang paling penting. Biasanya diletakkan pada bagian pinggiran kolam guna menampilkan kesan alami. Batu kerikil ini juga dapat digunakan pada taman tanpa kolam yang lahanna terbatas. Caranya dengan membangun taman bernuansa kering. Jadi, batu dapat disebarkan pada atas tanah dan tidak membutuhkan banyak tanaman. Konsep taman kering satu ini menggunakan batu kerikil yang berwarna putih atau warna lainnya.

5. Taman Vertikal dan Kursi Gantung

Taman Vertikal dan Kursi Gantung
(foto: arsitag.com)

Umumnya taman dibuat dengan sudut horizontal tepat diatas tanah. Bebeda dengan taman mini vertikal yang dibuat memanjang pada dinding. Penempatan tanaman lebih banyak dilakukan vertikal ke atas. Tujuan pembuatan taman vertikal ini agar lahan terlihat luas dan tidak sumpek. Lebih baiknya lagi ditambah kursi gantung untuk membuat suasana hangat dan menggoda untuk dijadikan tempat bersantai.

6. Taman Vertikal dan Batu Koral Putih

Taman Vertikal dan Batu Koral Putih
(foto: arsitag.com)

Taman vertikal tidak selalu diisi dengan pot bunga dengan susunan dalam rak besi. Buat tampilan berbeda dengan tambahan batu koral putih. Keberadaan batu ini disinyalir ampuh membuat taman lebih artistik dan nuansa yang sedap dipandang mata.

7. Taman Kecil Bawah Dinding Rumah

Taman Kecil Bawah Dinding Rumah
(foto: today.line.me)

Jangan biarkan bagian dinding rumah terlihat kosong. Meskipun luasnya terbatas dan berada disudut dapat disulap menjadi taman mini. Detail kecil seperti inilah justru yang akan menyejukkan mata. Taman kecil bawah dinding ini dapat dibangun pada bagian depan rumah maupun bagian belakang.

Jasa Tukang Taman di Sidoarjo Pilihan Terbaik

Memiliki taman mini adalah detail kecil yang menambah estetika hunian. Tentunya membangun taman mini harus dilakukan oleh ahlinya agar hasil taman tidak asal-asalan. Segera hubungi jasa tukang taman di Sidoarjo yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Meskipun taman mini tetapi harus dilakukan oleh tangan profesional agar hasilnya sesuai harapan.


Bagikan Artikel
Chat WhatsApp