Bagikan Artikel

Taman rumah menjadi menjadi impian setiap orang karena membuat pemandangan rumah lebih asri. Bayangkan saja bagaimana merilekskan tubuh dengan rebahan di taman. Jadi, tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya travelling ke luar rumah. Salah satu elemen penting taman yang tidak boleh dilewatkan adalah adalah rumput hias. Simak rumput hias tercantik berikut ini dari jasa tukang taman di Sidoarjo.

Dilihat dari aspek biologis keberadaan rerumputan di taman berfungsi memperbanyak oksigen. Pasalnya, ketika siang tiba tanaman dan rumput berfotosintesis sehingga menghasilkan oksigen.

Baca Juga : Ingin Taman Rumah Tampak Mewah, Gunakan Jasa Tukang Taman Sidoarjo

7 Macam Rumput Hias Populer

Rupanya keberadaan rumput hias ini tidak hanya mempercantik tampilan taman saja. Namun, dapat menetralisir iklim kemarau terasa lebih teduh, sejuk, dan dingin. Selain itu, penghuni rumah akan menghirup udara lebih segar dan sehat.

1. Rumput Gajah

Rumput Gajah
(foto: jurnas.com)

Memiliki latin Pennisetum purpureum, ukuran rumput gajah ini cukup besar. Rumput gajah juga bermanfaat karena nutrisinya tinggi dijadikan pakan ternak. Bentuknya juga indah sehingga pas dijadikan taman rumah.

Tekstur yang kasar menjadi kelebihan tersendiri karena menjadi kuat saat dipijak oleh manusia. Disamping itu, harga rumput ini terbilang murah dan tahan lama. Pertumbuhan rumput gajah tergolong cepat, perlu dilakukan pemotongan secara berkala agar selalu rapi.

2. Rumput Gajah Mini Variata

Rumput gajah midi variagata
(foto: instabusters.net)

Adapula rumput gajah mini varigata dengan tampilan sedikit berbeda. Ditinjau dari struktur rumput seolah rumput gajah berukuran mini dengan corak berbeda. Rumput satu ini hanya memiliki corak warna putih dan tidak beraturan pada tiap helainya.

Perawatan untuk mini variata ini terbilang mudah, cukup dipotong ketika mulai lebat. Adapun perbedaan mencolok dari rumput gajah biasa adalah harganya. Dikatakan bahwa rumput gajah mini variata memilihi harga termahal karena ragam coraknya.

3. Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini
(foto: olx.co.id)

Masih ada rumput gajah mini biasa yang berukuran kecil. Tekstur rumput ini juga lebih halus sehingga sangat nyaman ketika kaki berpijak. Kelebihan rumput gajah mini yakni dapat tetap tumbuh walaupun pencahayaan matahari hanya 50% dari normalnya.

Jadi, jenis rumput ini paling direkomendasikan bagi rumah yang minim pencahayaan matahari. Cara perawatannya juga mudah cukup dipangkas sekali sebulan. Rumput gajah mini menjadi favorit masyarakat karena dibandrol dengan harga murah dan daya tahannya lama.

4. Rumput Jepang

Rumput Jepang
(foto: trikmerawat.com)

Rumput Jepang menjadi rumput favorit penghias taman rumah. Memiliki bentuk kurus dan akan tumbuh merapat menjadi sangat rapi. Dilihat dari segi harga juga tidak begitu mahal ditambah perawatannya yang mudah.

Pertumbuhan rumput ini relatif lambat jadi jarang dipangkas. Berikan pupuk urea dua kali per bulan agar dapat tumbuh optimal. Rumput Jepang juga membutuhkan penyiraman rutin yakni satu atau dua kali perhari, serta cukupi pencahayaan dari sinar matahari.

5. Rumput Swiss

Rumput Swiss
(foto: alihamdan.id)

Rumput Swiss merupakan salah satu rerumputan hias populer untuk taman rumah. Memang harganya cukup mahal dan membutuhkan perawatan intensif. Supaya tumbuh optimal dan cantik maka sinari rumput dengan minimal 80% dari pencahayaan matahari langsung.

Dapat disimpulkan bahwa rumput Swiss ini kurang cocok dengan taman yang berada di wilayah iklim lembab. Sebab, tanah yang lembab membuat rumput dan akarnya cepat membusuk.

Pemangkasan rumput ini idealnya dilakukan satu bulan sekali dengan pemberian pupuk urea secara rutin. Hindari pemberian pupuk kandang karena akan memicu rumput liar bertumbuhan dan akhirnya rumput Swiss mati.

6. Rumput Peking

Rumput Peking
(foto: bukalapak.com)

Faktanya rumput Peking menjadi primadona sebelum memasuki tahun 2000. Rumput Pekini ini memiliki permukaan yang sangat halus tetapi kuat saat dipijak kaki manusia. Selain itu, dapat bertahan pada semua kondisi cuaca meskipun sangat dingin. Namun, harga rumput ini lebih mahal dibandingkan rumput lainnya.

7. Rumput Golf

Rumput Golf
(foto: agolf.xyz)

Rumput golf rupanya tidak hanya ideal diaplikasikan pada lapangan golf saja. Tetapi dapat digunakan pada taman rumah karena menghasilkan pemandangan yang sangat cantik. Rumput golf akan tumbuh dengan helaian pendek dan secara vertikal. Sehingga memberikan efek taman yang luas.

Rumput ini memiliki tekstur lembut dan tumbuhnya bergerumul. Sayangnya, perawatan rumput golf cukup rumit. Rumput membutuhkan penyinaran matahari 100% dan dipangkas dua kali seminggu.

Pilihlah Jasa Tukang Taman di Sidoarjo

Pemilihan rumput hias populer ini harus disesuaikan dengan konsep taman agar tidak terlihat ramai. Tenyata menanam dan merawat rumput tidak dapat dilakukan oleh setiap orang. Ada yang terhalang jam kerja kantor dan tidak memiliki pengalaman mengurus rumput. Solusinya percayakan pada jasa tukang taman di Sidoarjo. Dapat memberikan rekomendasi rumput terbaik dan membuatkan rumput taman lebih indah. Pengerjaan rumput taman dilakukan oleh ahlinya dan berpengalaman selama bertahun-tahun. Hasilnya tidak perlu diragukan karena sesuai ekspektasi.


Bagikan Artikel
Chat WhatsApp