Bagikan Artikel

Memiliki taman rumah yang asri nan indah tentu menjadi impian semua orang. Namun, taman juga memerlukan perawatan khusus agar tanaman tetap tumbuh. Merawat taman artinya seperti menjaga keindahan hunian. Simak 8 tips merawat taman ala jasa tukang taman Mojokerto berikut ini.

Keberadaan taman juga mempengaruhi sirkulasi udara dalam rumah. Alhasil, atmosfir rumah juga kaya asupan oksigen dan tidak terasa pengap. Oleh karenana sangat penting menjaga taman agar terlihat cantik dan tetap hijau.

Intip 8 Tips Merawat Taman

Perawatan taman sebenarnya simple asal dilakukan secara rutin. Namun, ada detail tertentu yang pengerjaan dilakukan dengan teknik khusus. Yuk, simak 8 tips merawat taman dibawah ini.

1. Menjaga Kebersihan Taman

Kebersihan Taman Rumah
(foto: suara.com)

Hal wajib dilakukan oleh penghuni rumah adalah menjaga kebersihan taman. Mulai dari menyapu, membersihkan sampah dan dedaunan kering, bersihkan pula ranting-ranting berjatuhan.

Taman yang tidak terjaga kebersihannya tidak hanya tampak kotor. Ironisnya dapat menjadi sarang penyakit dan hama berbahaya. Apabila taman jarang dibersihkan bisa jadi mendatangkan hewan berbahaya seperti ular.

2. Memangkas Tanaman Liar

Rumput Liar
(foto: viva.co.id)

Lakukan pula perawatan taman secara rutin agar memperoleh hasil maksimal. Salah satu cara yang wajib dilakukan adalah pemangkasan terhadap tanaman liar. Terutama menyiangi tumbuhan pohon dan bunga dari gulma dan parasit.

Faktanya, gulma yang tidak dipangkas akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Akhirnya gulma ini menghinggapi tanaman hingga layu dan mati. Bayangkan jika ada tanaman yang mati tentu mengganggu pemandangan taman.

3. Memangkas Rumput Rutin

Pemangkasan Rumput Secara Berkala
(foto: sarujuk.com)

Ingat taman yang ada di rumah bukan hutan. Jadi, jangan biarkan tanaman baik itu bunga maupun pohon tumbuh setinggi-tingginya. Contohnya saja rumput taman tidak boleh dibiarkan karena akan tumbuh seperti area persawahan.

Pangkas rerumputan taman setiap 1-2 minggu sekali agar pemandangan tetap cantik. Tanaman bunga juga perlu dipangkas agar dapat tumbuh ideal. Apabila tanaman bunga jarang dipangkas bisa menyebabkan bunganya ditutupi daun rumpun yang tinggi.

4. Jaga Kebersihan Kolam

Kolam Ikan Bersih dan Jernih
(foto: bulelengkab.go.id)

Taman yang memiliki kolam akan terlihat lebih cantik. Namun, bagian kolam ini juga memerlukan perawatan. Minimal menjaga kebersihan kolam, air kolam, dan pinggiran kolam agar tidak tumbuh lumut. Selain itu, gantilah air kolam setiap 1-2 minggu sekali.

Kolam ikan yang kotor juga menjadi sarang nyamuk DBD. Cara membersihkan kolam tidak dengan penggunaan cairan pembersih. Cukup menggosok menggunakan sikat dan bilas sampai permukaan dan pinggiran kolam bersih. Penggunaan cairan pembersih dikhawatirkan mengganggu kehidupan ikan yang ada di kolam.

5. Perawatan Pompa Air

Kolam Ikan Dengan Pompa Air
(foto: dekoruma.com)

Lakukan pula perawatan pompa air untuk kolam ikan. Terutama pada kolam yang tersambung langsung dengan pompo wajib memperhatikan instalasinya. Periksa juga bagian pompa air apakah dapat berfungsi dengan baik dan bersih.

Kerusakan pompa air tentu mengganggu keindahan kolam ikan karena sulitnya mendistribusikan air. Disamping itu, akan mengeluarkan suara bising yang mengganggu ketentraman makhluk hidup yang berada di kolam ikan.

6. Perawatan Tanaman

Penyiraman Tanaman
(foto: dekoruma.com)

Perawatan tanaman biasanya dilakukan pada tanaman berukuran sedang hingga besar. Memang pepohonan besar cocok dijadikan sebagai area berteduh, tetapi akan mengganggu nilai estetika. Keberadaan pohon besar juga membahayakan penghuni rumah saat dilanda hujan deras.

Pasalnnya, dedaunan dari pohon ini dapat menutupi saluran palang air yang ada di rumah. Jadi, perawatan tanaman paling tepat dengan memotong bagian ranting yang telah tumbuh panjang dan membuang dedaunan yang telah berguguran.

Perawatan tanaman juga dilakukan dengan menyiram secara rutin. Ingat tidak semua tanaman membutuhkan suplay air yang sama. Ada beberapa jenis tanaman yang hanya membutuhkan sedikit air.

7. Berikan Pupuk Tanaman

Pemberian Pupuk Kandang Pada Tanaman
(foto: kabartani.com)

Tanaman tidak cukup diberikan air saja karena masih memerlukan asupan nutrisi melalui pupuk. Manfaatkan pupuk kandang dan kompos agar tanaman dapat tumbuh sehat dan tidak berdampak pada lingkungan sekitar taman. Pemupukan tiap tanaman juga berbeda-beda, tidak dapat diseragamkan.

8. Bersihkan Bangkai Tanaman Mati

Tanaman Mati
(foto: bogor.tribunnews.com)

Seringkali pepohonan dan bunga-bunga layu dan akhirnya mati. Bangkai tanaman ini memang tidak mengeluarkan aroma tidak sedap seperti bangkai makhluk hidup. Namun, keberadaan tanaman mati membuat pemandangan taman kurang mempesona. Oleh sebab itu, sangat penting membersihkan bangkai tanaman mati dan menggantinya dengan tanaman baru.

Baca juga : Ingin Taman Rumah Tampak Mewah, Gunakan Jasa Tukang Taman Sidoarjo

Jasa Tukang Taman Mojokerto Pilihan Terbaik

Apakah Anda masih bingung bagaimana merawat taman agar tetap asri. Hal tersebut wajar-wajar saja karena tidak semua orang berpengalaman merawat taman. Jadi, tidak ada salahnya mempercayakan perawatan taman kepada jasa tukang taman Mojokerto. Memberikan perawatan maksimal sesuai dengan kebutuhan taman Anda. Tukang taman Mojokerto sangat profesional dan memiliki pengalaman bertahun-tahun. Hasil perawatan taman pun tak perlu diragukan lagi.


Bagikan Artikel
Chat WhatsApp