Bagikan Artikel

Bertempat tinggal di wilayah tropis tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara menyiasati cuaca panas. Terutama bagi rumah perkotaan tentu memerlukan ruangan terbuka nan hijau yang disebut taman. Konsep taman bergaya tropis pun menjadi pilihan tepat, rekomendasi terbaik hanya dari jasa tukang taman Sidoarjo.

Umumnya, taman bergaya tropis ini terdiri atas beragam jenis tanaman. Seperti semak, rerumptan, dan bunga-bunga yang cocok dengan curah hujan dan terik matahari wilayah tropis. Asal muasal penamaan tanaman tropis karena tumbuhnya rimbun serupa dengan hutan tropis.

Baca juga : Konsep Taman Minimalis Tukang Taman Surabaya, Cantiknya Ulala!

6 Konsep Taman Bergaya Tropis

Ternyata ini 6 desain taman tropis yang menjadi inspirasi terbaik buat rumah Anda.

1. Taman Bergaya Tropis Vertikal

Taman Tropis Vertikal
(foto: dekoruma.com)

Terbatasnya lahan terbuka maupun area tidak terekspos tanah kerap kali menjadi halangan pembangunan taman tropis. Namun, dapat disiasati dengan menata tumbuh-tumbuhan secara vertikal. Caranya dengan memanfaatkan dinding-dinding pembatas teras untuk tanaman pagar dan tanaman rambat. Dilihat dari segi perawatannya pun cukup praktis.

2. Taman Tropis Modern

taman tropis modern
(foto: pinterest.com)

Taman tropis sering diidentikkan oleh tanaman hijau. Tambahkan elemen lain supaya terlihat modern. Misalnya,paving block, batu kerikil, kolam hias, dan furnitur outdoor. Selain itu, konsep taman tropis modern rasanya kurang tanpa dilengkapi denga kanopi dari kayu. Tujuannya untuk menciptakan efek dramatis taman dan pemandangan lebih mempesona.

3. Inner Court x Taman Tropis Minimalis

Taman Tropis Minimalis Inner Court
(foto: desainrumah54.blogspot.com)

Ruang terbuka hijau dalam rumah atau inner court dapat dipadukan dengan taman tropis minimalis. Konsep ini sangat pas ketika kebutuhan ruangan dalam rumah dibutuhkan untuk fungsi selain taman. Hadirkan taman tropis minimalis dengan bentuk inner court yang sangat kreatif dan praktis.

Biasanya tanaman dibuat berdiri lepas, taman terhubung ke ruangan lain, dan penggunaan optimal dinding rumah. Keberadaan taman inner court ala taman tropis minimalis ini membuat rongga bangunan terasa bernafas lancar.

Jadi, jangan khawatir apabila bagian dalam hunian terasa rimbun. Sentuhan minimalis membuat estetika taman tampak segar. Tambahkan pula elemen air sebagai poin utama.

4. Taman Menyatu dengan Ruangan

Taman menyatu dengan ruangan
(foto: houstingestate.id)

Ingin taman yang alami dan terasa kesegarannya. Pilihlah taman tropis mengelilingi bangunan rumah yang ada di luar ataupun dalam rumah. Gunakan tanaman hias dengan daun lebar, tanaman rambat pada bagian pinggir hingga tengah rumah, dan pepohonan berukuran sedang.

Selanjutnya menghilangkan sekat pemisah bagian dalam dengan luar ruangan. Alhasil mata akan lebih dimanjakan dengan taman tropis yang berada pada tiap sudut ruangan.

5. Hutan Mungil di Teras Belakang

taman tropis di belakang rumah
(foto: pinterest.com)

Apabila memiliki area terbuka cukup luas, maka memungkinkan pembangunan suasana hutan tropis di belakang rumah. Adapun jenis tanaman yang digunakan meliputi keseluruhan strata. Seperti tanaman semak, perdu, bunga, dan pepohonan tropis. Segi penataannya pun dapat dibuat seolah prototype hutan mungil.

Sesungguhnya konsep taman satu ini sederhana, cukup dengan pengelompokan berdasarkan ketinggian tanaman. Kelompokkan pula berdasarkan bentuk dan warna tanaman. Biasanya tanaman tropis yang digunakan adalah pisang kipas, kuping gajah, palem, adenium, kamboja, dan bougenville.

6. Taman Tropis Depan Rumah

Taman Tropis Depan Rumah
(foto: pinterest.com)

Konsep satu ini serupa dengan urban jungle artistik dibangun pada bagian depan rumah. Terapkan penataan alami yang tanahnya dibiarkan terekspos. Antar pohon dan tanaman pot juga saling berbaur. Sehingga tercipta kesan tropis nan eksotis saat dipandang dari luar rumah.

Hendaknya memperhatikan tanaman tropis yang berada di dalam pot. Pasalnya, intensitas hujan yang begitu tinggi akan menjadi penyebab tubuh tanaman pohon dan bunga teredam air. Dampak buruknya terjadi pada bagian akar akan mengalami pembusukan.

Ketika dilanda musim hujan atau hujan deras, sebaiknya masukkan tanaman dalam ruangan. Apabila tidak ingin repot maka jajarkan tanaman dipinggir taman yang atasnya terlindungi oleh bangunan.

Jasa Tukang Taman Sidoarjo Mewujudkan Mimpi Anda

Konsep taman bergaya tropis ini memang menarik untuk diaplikasikan bagi hunian masyarakat Indonesia. Percayakan pembangunan taman tropis oleh ahlinya yaitu jasa tukang taman Sidoarjo. Tentunya tukang taman Sidoarjo akan membuat taman tropis berbeda dari yang lainnya.

Setelah membangun taman pun membutuhkan ketelatenan perawatan agar tetap asri. Bersihkan taman, rawat, dan berikan pupuk secara berkala serta teratur. Jasa tukang taman juga meliputi perawatan taman untuk menghindari hama dan kedatangan ular.


Bagikan Artikel
Chat WhatsApp