Bagikan Artikel

Banyak dari para pencinta ikan menginginkan taman lengkap dengan kolam ikannya. Hal tersebut dianggap menyenangkan dan mampu melepas beban pikiran selepas beraktivitas. Kolam ikan ternyata memiliki banyak desain menarik untuk dibangun. Seperti rekomendasi berikut ini dari jasa tukang taman Surabaya.

Letak kolam ikan pun beragam tidak melulu harus dipekarangan depan. Dapat pula ditempatkan pada samping rumah maupun halaman belakang. Ikan-ikan peliharaan pun layak tinggal dalam kolam yang akan menambah nilai artistik dari sebuah rumah. Untuk menambah nuansa alaminya dapat menambahkan bebatuan kali.

Rekomendasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Kini banyak penghuni rumah mendandani tamannya lengkap dengan kolam dan bebatuan. Cobalah terapkan 5 rekomendasi desain khusus kolam ikan minimalis berikut ini. Sangat pas jika memiliki luas taman yang terbatas.

1. Kolam Ikan Bernuansa Alam

Kolam Ikan Bernuansa Kaca
KolKo(foto: dekoruma.com)

Nuansa hijau yang disematkan pada taman adalah hal biasa. Namun, bagaimana jika desain kolam ikan pun dibuat seolah menyatu dengan alam. Kolam ikan sepeti ini lebih dominan aksen hijaunya yang berasal dari lumut alami maupun buatan.

Agar menambah nilai estetika kolam, tidak ada salahnya memberikan sentuhan kaca transparan nan kuat. Alhasil, penampakan kolam ikan seolah memperlihatkan ikan yang hidup dalam suatu aquarium alam. Kolam dengan desain seperti ini juga tampak lebih menawan jika memelihara ikan koi dan beberapa aksesoris kolam lainnya.

2. Kolam Ikan Bertingkat

15 Kolam Ikan Minimalis untuk Ikan Kesayangan
(foto: dekoruma.com)

Melihat rumah bertingkat sih sudah biasa, berbeda dari kolam ikan bertingkat yang terbilang unik. Desain yang satu ini juga menyejukkan mata, seperti fenomena air terjun yang airnya berpindah. Tingkatan kolam pun beravariasi mulai dari 3 kolam terpisah hingga 6 kolam sesuai permintaan pemilik rumah.

Bayangkan menikmati suasana menjelang senja dipinggir kolam sembari melihat ikan-ikan tersebut berkerumun. Umumnya pembangunan kolam bertingkat ini berbentuk kubus dan menyajikan jenis ikan yang berbeda-beda. Desain kolam bertingkat merupakan rekomendasi terbaik apabila luas taman minim.

3. Kolam Minimalis Penghubung Rumah

Ini Dia Cara Tepat Merawat Kolam Ikan Koi! | Majalahasri.com
(foto: majalahasri.com)

Desain minimalis selalu menjad pilihan tidak hanya menghemat tempat. Namun, membuat pemandangan lebih praktis dan modern. Desain kolam ikan satu ini menjadi ide brilian karena memadukan kolam dan rumah dengan suatu penghubung yakni lantai.

Bagi para tamu yang bertandan ke rumah juga merasakan sisi elegan dari keberadaan kolam ini yang menyambut mereka. Ketika masuk orang-orang seolah disuguhi keindahan alam. Apabila berminat membangun kolam minimalis penghubung rumah jangan lupa pasangkan lampu sepanjang jalan masuk supaya tidak tercebur.

Pada beberapa rumah menyematkan kolam tersebut dikedua sisi menuju pintu masuk. Adapula yang hanya membuat kolam ikan pada satu sisi sepanjang jalan menuju pintu masuk rumah.

4. Kolam Ikan Dengan Air Terjun

Kolam Ikan Air Terjun Dinding - InfoAkuakultur.com
(foto: infoakuakultur.com)

Kolam ikan lengkap dengan air terjun ini sangat indah dan menyatu dengan alam. Terlebih lagi suasana menjadi lebih alami yang berasal dari gemercik air terjun. Ternyata keberadaan air terjun minimalis semata-mata tidak hanya mempercantik taman. Air terjun ini disinyalir dapat menjaga kebersihan kolam ikan karena air terus mengalir. Desain ini juga identik dengan nuansa pedesaan yang membuat suasana lebih hangat. Biasanya disudut air terjun atau pinggirannya diletakkan bebatuan kali dengan ukuran bervariasi.

5. Kolam Ikan Dari Beton

Kolam ikan minimalis berbahan beton
(foto: ikankoi.org)

Kolam ikan dengan bahan dasar bangunan beton dapat menjadi pilihan praktis. Sebab, perawatan kolam tidak begitu sulit dan beton terbukti tahan terhadap air. Selain itu, beton juga lebih kebal terhadap lumut dibandingkan bebatuan. Cara membersihkan kolam beton lebih praktis karena biasanya mengadopsi sistem pembersihan saluran air modern. Warnanya pun dapat dipilih apakah membangun dengan semen putih maupun semen biasa.

Baca juga : Tips Memilih Jasa Tukang Taman Gresik Profesional

Jasa Tukang Taman Surabaya Pilihan Terbaik

Kelima kolam diatas sangat diidam-idamkan banyak orang tentunya tidak dapat dibangun sendiri. Perlu penanganan dari ahlinya, rekomendasi terbaik dengan menggunakan jasa dari tukang taman Surabaya. Telah berkecimpung dibidang pembangunan taman banyak rumah dan pengerjaan dilakukan oleh para profesional.

Tukang taman Surabaya selalu menjadi andalan karena dapat memberikan masukan kepada pelanggan terkait konsep taman. Disamping itu, waktu pengerjaan taman juga tepat waktu dan tersedia masa garansi apabila terjadi kerusakan. Hasilnya memperoleh taman indah yang konsepnya selaras dengan kolam ikan.


Bagikan Artikel
Chat WhatsApp